• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL STAD DI SDN TUNJUNG 03 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    DIAN AMALIA SUSANTI - 080210204045 (2)_1.pdf (84.94Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    DIAN AMALIA SUSANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Materi IPS pada dasarnya merupakan materi yang menanamkan konsep yang bersifat abstrak. Oleh karena itu diperlukan strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran IPS. Pembelajaran IPS di sekolah dasar pada umumnya masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah tanpa menggunakan odel pembelajaran yang lain. Berdasarkan hasil observasi di SDN Tunjung 03 Lumajang, terdapat permasalahan yaitu minat dan hasil belajar siswa kelas III masih kurang dari kriteria ketuntasan minimal Salah satu cara untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS ini adalah melalui model pembelajaran STAD Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan melalui model pembelajaran STAD hasil belajar siswa kelas III SDN Tunjung 03 Lumajang dalam pembelajaran IPS akan meningkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Tunjung 03 Lumajang tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 17 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket,tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa sebelum penelitian, nilai siswa pada akhir tes siklus 1 dan 2, analisis minat siswa selama proses pembelajaran serta jawaban siswa dan guru terhadap wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Nopember 2011 dan 24 Maret 2012 sampai dengan 07 April 2012. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa melalui model pembelajaran STAD
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4910
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository