PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL STAD DI SDN TUNJUNG 03 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Materi IPS pada dasarnya merupakan materi yang menanamkan konsep yang
bersifat abstrak. Oleh karena itu diperlukan strategi untuk mencapai tujuan
pembelajaran IPS. Pembelajaran IPS di sekolah dasar pada umumnya masih
menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah tanpa menggunakan odel
pembelajaran yang lain. Berdasarkan hasil observasi di SDN Tunjung 03 Lumajang,
terdapat permasalahan yaitu minat dan hasil belajar siswa kelas III masih kurang dari
kriteria ketuntasan minimal
Salah satu cara untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas III pada
mata pelajaran IPS ini adalah melalui model pembelajaran STAD
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa
kelas III pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan melalui model
pembelajaran STAD
hasil belajar siswa kelas III SDN Tunjung 03 Lumajang dalam pembelajaran IPS
akan meningkat.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Tunjung 03 Lumajang tahun
ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 17 siswa. Metode pengumpulan data pada
penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket,tes dan dokumentasi.
Data yang dikumpulkan berupa nilai siswa sebelum penelitian, nilai siswa pada
akhir tes siklus 1 dan 2, analisis minat siswa selama proses pembelajaran serta
jawaban siswa dan guru terhadap wawancara. Penelitian ini dilaksanakan pada
tanggal 23 Nopember 2011 dan 24 Maret 2012 sampai dengan 07 April 2012.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa melalui model
pembelajaran STAD