• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN MENYIKAPI PENGARUH GLOBALISASI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SDN. TEGALGEDE 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Devy Rosaria Margareta Anggraini - 100210274045_1.pdf (317.6Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Devy Rosaria Margareta Anggraini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keberhasilan suatu tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh keberhasilan kegiatan belajar di sekolah. Proses belajar dan hasil belajar siswa bukan hanya ditentukan oleh sekolah, pola struktur, dan isi kurikulum saja, tetapi juga oleh kompetensi guru dalam mengajar dan membimbing siswa. Daya serap siswa yang kurang pada mata pelajaran PKn akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa di sekolah disebabkan beberapa faktor antara lain: metode yang digunakan guru di kelas masih konvensional dan cenderung monoton, peranan guru lebih dominan daripada siswa, sehingga akan menyebabkan siswa cenderung pasif, jenuh, dan akhirnya memilih berbicara sendiri dengan temannya. Dengan demikian hasil belajar PKn yang diperoleh siswa akan rendah pula. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran PKN pokok bahasan menyikapi pengaruh globalisasi melalui pembelajaran kontekstual di SDN. Tegalgede 01 Jember tahun ajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran PKN pokok bahasan menyikapi pengaruh globalisasi di SDN. Tegalgede 01 Jember tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan di SDN. Tegalgede 01 Jember. Subyek penelitian yaitu di kelas IVB dengan jumlah 31 siswa. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model Hopkins berbentuk spiral dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar siswa sebesar 65,92%, dan pada siklus II persentase hasil belajar siswa sebesar 75,19%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran PKn pokok bahasan menyikapi pengaruh globalisasi di SDN. Tegalgede 01 Jember Tahun Ajaran 2011/2012. Saran yang dapat dikemukakan adalah pembelajaran kontekstual dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran khususnya pada pembelajaran PKn dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa, membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran, disiplin dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, ataupun untuk melatih daya nalar siswa dalam memecahkan suatu masalah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4901
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository