PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN MENYIKAPI PENGARUH GLOBALISASI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SDN. TEGALGEDE 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Keberhasilan suatu tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh
keberhasilan kegiatan belajar di sekolah. Proses belajar dan hasil belajar siswa
bukan hanya ditentukan oleh sekolah, pola struktur, dan isi kurikulum saja, tetapi
juga oleh kompetensi guru dalam mengajar dan membimbing siswa. Daya serap
siswa yang kurang pada mata pelajaran PKn akan berdampak pada rendahnya
hasil belajar siswa. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa di sekolah disebabkan
beberapa faktor antara lain: metode yang digunakan guru di kelas masih
konvensional dan cenderung monoton, peranan guru lebih dominan daripada
siswa, sehingga akan menyebabkan siswa cenderung pasif, jenuh, dan akhirnya
memilih berbicara sendiri dengan temannya. Dengan demikian hasil belajar PKn
yang diperoleh siswa akan rendah pula.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran PKN pokok bahasan menyikapi
pengaruh globalisasi melalui pembelajaran kontekstual di SDN. Tegalgede 01
Jember tahun ajaran 2011/2012.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas IVB pada mata pelajaran PKN pokok bahasan menyikapi pengaruh
globalisasi di SDN. Tegalgede 01 Jember tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian ini dilakukan di SDN. Tegalgede 01 Jember. Subyek penelitian
yaitu di kelas IVB dengan jumlah 31 siswa. Desain yang dipakai dalam penelitian
ini adalah model Hopkins berbentuk spiral dengan tahap penelitian tindakan yang
meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data-data yang diperoleh
dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi.
Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas
dua kali pertemuan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya.
Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar
siswa sebesar 65,92%, dan pada siklus II persentase hasil belajar siswa sebesar
75,19%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pembelajaran
kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVB pada mata pelajaran
PKn pokok bahasan menyikapi pengaruh globalisasi di SDN. Tegalgede 01
Jember Tahun Ajaran 2011/2012.
Saran yang dapat dikemukakan adalah pembelajaran kontekstual dapat
dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran khususnya pada
pembelajaran PKn dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa, membuat
siswa lebih aktif dalam pembelajaran, disiplin dan bertanggung jawab dalam
mengerjakan tugas, ataupun untuk melatih daya nalar siswa dalam memecahkan
suatu masalah.