dc.description.abstract | Kualitas pelayanan merupakan titik sentral bagi jasa pendidikan karena akan
mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Hal ini dimaksudkan agar seluruh jasa yang
ditawarkan akan mendapat tempat yang baik dimata masyarakat khususya dimata
mahasiswa. Kepuasan mahasiswa akan muncul apabila kualitas pelayanannya baik,
dimana kualitas pelayanan yang baik salah satunya adalah keandalan. Terciptanya
kepuasan mahasiswa dapat memberikan beberapa manfaat, di antaranya hubungan
antara program studi dan mahasiswanya menjadi harmonis, memungkinkan
terciptanya loyalitas serta mahasiswa memberi rekomendasi dari mulut ke mulut
kepada teman atau adik tingkatnya.
Sesuai dengan permasalahan yang ada maka tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh kehandalan jasa pendidikan
terhadap kepuasan mahasiswa program konsentrasi akuntansi di Program Studi
Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.
Adapun hipotesis yang diajukan yaitu Ada pengaruh yang signifikan variabel
kehandalan jasa pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa memilih konsentrasi
akuntansi di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive area, sedangkan untuk menentukan responden
penelitian menggunakan metode simple random sampling yaitu sebanyak 103 orang.
Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, dokumen,
observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas,
persamaan garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan efektifitas
garis regresi (koefisien determinasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehandalan jasa pendidikan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan mahasiswa memilih program konsentrasi akuntansi.
Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F yang menghasilkan
F
hitung
= 392.213> F
= 3,087 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < a = 0,05. Hal
ini menunjukkan bahwa secara simultan kehandalan jasa pendidikan menurut persepsi
mahasiswa mempunyai pengaruh yang besar terhadap kepuasan mahasiswa memilih
program konsentrasi akuntansi. Hasil perhitungan analisis regresi linier dengan
program SPSS yang telah diuraikan diatas, menunjukkan bahwa besarnya persentase
pengaruh kehandalan jasa pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa memilih
program konsentrasi akuntansi di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember sebesar 79,5%, sedangkan sisanya
yaitu 20,5% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti, antara lain daya
tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. | en_US |