• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRASPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 04 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Edwin.pdf (209.0Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    EDWIN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dengan mengunakan media gambar Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kebnsari 04 Kecamatan Sumbersari, dimulai pada tanggal 2 Januari 2011 sampai tanggal 10 Januarir 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IVA dengan jumlah siswa 49 siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema Hopkins (dalam Sunardin, 2010:105) dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan Dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses pembelajaran IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penggunaan media gambar pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi transportasi ini efektif karena dapat meningkatkan minat belajar siswa, kemampuan akademik dan aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar. Persentase hasil tes formatif mengalami peningkatan pada siklus I sampai dengan siklus II dari 73,46% menjadi 93,8%. Aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus I sampai dengan siklus II dari 76,3% menjadi 79,2%. Peningkatan aktivitas diatas, dapat dilihat bahwa dengan media gambar dapat meminimalisir kekurangan dari pembelajaran tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengunaan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 73,46% atau sebanyak 36 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 93,8% atau sebanyak 46 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Saran dalam penelitian ini adalah bagi peneliti lain metode pembelajaran dengan media gambar dapat digunakan guru sebagai variasi pembelajaran yang bisa dicobakan dalam mengajar sub pokok bahasan yang lain dan kelas yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4861
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository