PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRASPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 04 JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan
perkembangan teknologi transportasi dengan mengunakan media gambar Tahun
Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN
Kebnsari 04 Kecamatan Sumbersari, dimulai pada tanggal 2 Januari 2011 sampai
tanggal 10 Januarir 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IVA dengan jumlah
siswa 49 siswa. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah
model skema Hopkins (dalam Sunardin, 2010:105) dengan tahap penelitian tindakan
yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation),
dan refleksi (reflection). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes,
wawancara dan Dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa
terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses
pembelajaran IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti.
Penggunaan media gambar pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi
transportasi ini efektif karena dapat meningkatkan minat belajar siswa, kemampuan
akademik dan aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar. Persentase hasil tes
formatif mengalami peningkatan pada siklus I sampai dengan siklus II dari 73,46%
menjadi 93,8%. Aktivitas belajar siswa meningkat pada siklus I sampai dengan siklus
II dari 76,3% menjadi 79,2%. Peningkatan aktivitas diatas, dapat dilihat bahwa
dengan media gambar dapat meminimalisir kekurangan dari pembelajaran tersebut.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengunaan media gambar pada mata
pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi transportasi dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara
klasikal. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa
kelas IV SDN Kebonsari 04 Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember pada siklus I
sampai siklus II. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai
73,46% atau sebanyak 36 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar. Sedangkan
pada siklus II, ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 93,8% atau sebanyak
46 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar.
Saran dalam penelitian ini adalah bagi peneliti lain metode pembelajaran
dengan media gambar dapat digunakan guru sebagai variasi pembelajaran yang bisa
dicobakan dalam mengajar sub pokok bahasan yang lain dan kelas yang berbeda.