ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH TABUNGAN BRITAMA PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk UNIT RANDUAGUNG
Abstract
Dalam penelitian ini diajukan model penelitian untuk
menganalisis keunggulan bersaing melalui loyalitas pelanggan para nasabah
BRITAMA BRI Unit Randuagung Cabang Lumajang dengan menguji faktorfaktor
yang dihipotesiskan mempengaruhinya, yaitu: kualitas layanan, kepuasan
nasabah, dan loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan sampel 55 nasabah
BRITAMA BRI Unit Randuagung Cabang Lumajang. Alat analisa data yang
digunakan adalah Path Analisis.
Hasil analisa data menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai
kesesuaian/fit yang baik dan semua hipotesis penelitian dapat dibuktikan. Kesimpulan yang diambil adalah kualitas layanan berpengaruh
positif terhadap kepuasan nasabah, kualitas layanan berpengaruh secara tidak
signifikan terhadap loyalitas nasabah, kepuasan nasabah berpengaruh secara
signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini membuktikan bahwa kualitas
layanan yang ada pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit
Randuagung Lumajang sudah memenuhi harapan nasabah. Sehingga nasabah PT
Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Randuagung Lumajang sudah merasa
puas terhadap pelayanan yang diberikan karyawan PT Bank Rakyat Indonesia
(Persero), Tbk Unit Randuagung Lumajang. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero),
Tbk Unit Randuagung Lumajang harus mempertahankan kualitas pelayanannya
agar tetap terjaga.