PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V SDN TEGALHARJO 08 KECAMATAN GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengatahui penerapan
pembelajaran IPS menggunakan model Group Investigation untuk siswa kelas V
SDN Tegalharjo 08 Kecamatan Glenmore, 2) untuk mengetahui minat siswa
dalam mengikuti pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mempertahankan
kemerdekaan menggunakan model Group Investigation, 3) untuk mengetahui
ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model
pembelajaran Group Investigation.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalharjo 08 kelas V yang terdiri dari
16 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki – laki dan 9 siswa perempuan. Siswa dibagi
menjadi 4 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian
kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan
sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes,
dan dokumentasi teknis. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 05 Mei 2011
sampai 14 April 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Tegalharjo 08
Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Data yang dikumpulkan berupa
observasi minat siswa , kegiatan guru dalam pembelajarnan serta tugas individu
siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa
persentase minat siswa selama pembelajaran perjuangan kemerdekaan Indonesia
menggunakan model Group Investigation adalah : pada pra siklus persentase
minat siswa adalah 29 %, siklus I sebesar 77,5 % dan pada siklus III sebesar 98 %.
Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 6,25 % masih dibawah rata -
rata. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar
siswa secara klasikal adalah 93,75 %.
Kesimpulan dari penlitian ini adalah siswa mengalami peningkatan minat
dan hasil belajar pada pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan
dan dapat menciptakan pembelajaran yang menimbulkan minat siswa dan
merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, serta memotivasi
siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban
siswa.