• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS V SDN TEGALHARJO 08 KECAMATAN GLENMORE KABUPATEN BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Dina T. Wijayanti.pdf (468.0Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    DINA TRI WIJAYANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengatahui penerapan pembelajaran IPS menggunakan model Group Investigation untuk siswa kelas V SDN Tegalharjo 08 Kecamatan Glenmore, 2) untuk mengetahui minat siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan menggunakan model Group Investigation, 3) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalharjo 08 kelas V yang terdiri dari 16 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki – laki dan 9 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi teknis. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 05 Mei 2011 sampai 14 April 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Tegalharjo 08 Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Data yang dikumpulkan berupa observasi minat siswa , kegiatan guru dalam pembelajarnan serta tugas individu siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase minat siswa selama pembelajaran perjuangan kemerdekaan Indonesia menggunakan model Group Investigation adalah : pada pra siklus persentase minat siswa adalah 29 %, siklus I sebesar 77,5 % dan pada siklus III sebesar 98 %. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 6,25 % masih dibawah rata - rata. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 93,75 %. Kesimpulan dari penlitian ini adalah siswa mengalami peningkatan minat dan hasil belajar pada pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan dan dapat menciptakan pembelajaran yang menimbulkan minat siswa dan merangsang siswa untuk lebih berani mengungkapkan pendapat, serta memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4823
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository