Show simple item record

dc.contributor.authorDIAN NOVIKAWATI
dc.date.accessioned2013-12-05T05:50:22Z
dc.date.available2013-12-05T05:50:22Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210274060
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4813
dc.description.abstractPembelajaran matematika bagi sebagian besar siswa adalah pembelajaran yang menyulitkan. Pada pembelajaran tersebut siswa hanya dituntut untuk mampu menyelessaikan soal-soal matematika tanpa memahami konsep matematika. Siswa pada pembelajaran kurang memperhatikan penjelasan guru. Selama pembelajaran siswa tidak dilibatkan secara langsung. Siswa selama pembelajaran bosan dan tidak terfokus pada pembalajaran. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji: (1) Peningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran pada pokok bahasan pecahan melalui penerapan metode diskusi di kelas IV-D SDN Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2010-2011. (2) Peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pada pokok bahasan pecahan melalui penerapan metode diskusi di kelas IV-D SDN Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2010-2011. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember kelas IV yang terdiri dari 39 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 1 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasidan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal 10 Februari 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar observasi menujukkan peningkatan aktivitas guru dan siswa pada setiap siklusnya. Hasil tes kinerja yang mengukur tingkat aktivitas belajar siswa pada aspek keaktifan berdiskusi, kerjasama, peran dalam kelompok menunjukkan peningkatan. Siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat pada kategori aktif. Hasil tes esai berdasarkan penelitian menunjukkan peningkatan portsentase ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Siklus I porsentase klasikal sebesar 65,78% dan Siklus II porsentase ketuntasan klasikal sebesar 81,57 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar pada materi pecahan dengan menggunakan metode diskusi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274060;
dc.subjectDiskusi, Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV-D SDN JEMBER LOR 01 PATRANG – JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record