• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV-D SDN JEMBER LOR 01 PATRANG – JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    Dian Novikawati.pdf (272.2Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    DIAN NOVIKAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika bagi sebagian besar siswa adalah pembelajaran yang menyulitkan. Pada pembelajaran tersebut siswa hanya dituntut untuk mampu menyelessaikan soal-soal matematika tanpa memahami konsep matematika. Siswa pada pembelajaran kurang memperhatikan penjelasan guru. Selama pembelajaran siswa tidak dilibatkan secara langsung. Siswa selama pembelajaran bosan dan tidak terfokus pada pembalajaran. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji: (1) Peningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran pada pokok bahasan pecahan melalui penerapan metode diskusi di kelas IV-D SDN Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2010-2011. (2) Peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pada pokok bahasan pecahan melalui penerapan metode diskusi di kelas IV-D SDN Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2010-2011. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 01 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember kelas IV yang terdiri dari 39 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 1 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasidan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal 10 Februari 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar observasi menujukkan peningkatan aktivitas guru dan siswa pada setiap siklusnya. Hasil tes kinerja yang mengukur tingkat aktivitas belajar siswa pada aspek keaktifan berdiskusi, kerjasama, peran dalam kelompok menunjukkan peningkatan. Siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat pada kategori aktif. Hasil tes esai berdasarkan penelitian menunjukkan peningkatan portsentase ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Siklus I porsentase klasikal sebesar 65,78% dan Siklus II porsentase ketuntasan klasikal sebesar 81,57 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar pada materi pecahan dengan menggunakan metode diskusi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4813
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository