• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN DENGAN METODE KARYAWISATA PADA SISWA KELAS V SDN MAYANGAN 03 GUMUKMAS JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Dewi Kurniawati.pdf (140.1Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    DEWI KURNIAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan pada siswa kelas V SDN Mayangan 03, untuk mengetahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam menulis laporan pada siswa kelas V SDN Mayangan 03, untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas V SDN Mayangan 03 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode karya wisata. Penelitian ini dilakukan di SDN Mayangan 03 kelas V yang terdiri dari 34 siswa, diantaranya 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis Penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 8 Maret 2011 sampai 15 Maret 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Mayangan 03 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan tes individu. Berdasarkan data yana diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran menulis laporan pengamatan dengan menggunakan metode karyawisata adalah : Pada siklus I prosentase hasil belajar siswa ada 50% dengan kriteria baik dan 50% dengan kriteria kurang baik. Dan prosentase aktivitas siswa 60%. Pada siklus II prosentase hasil belajar siswa naik menjadi 82% dengan kriteria baik dan dengan kriteria kurang baik turun menjadi 18%. Serta prosentase aktivitas siswa naik menjadi 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar sisswa pada materi menulis laporan pengamatan dengan metode karyawisata yang dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4770
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository