PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PENGAMATAN DENGAN METODE KARYAWISATA PADA SISWA KELAS V SDN MAYANGAN 03 GUMUKMAS JEMBER
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan
pembelajaran dengan menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan
kemampuan menulis laporan pada siswa kelas V SDN Mayangan 03, untuk
mengetahui penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode karya wisata
dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam menulis laporan pada siswa kelas V
SDN Mayangan 03, untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas V SDN
Mayangan 03 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode
karya wisata.
Penelitian ini dilakukan di SDN Mayangan 03 kelas V yang terdiri dari 34
siswa, diantaranya 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Siswa dibagi
menjadi 5 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian
kualitatif dan jenis Penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas yang
dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, sedangkan
deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai
dilakukan tanggal 8 Maret 2011 sampai 15 Maret 2011 dengan subyek penelitian
siswa kelas V SDN Mayangan 03 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember.
Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan tes individu. Berdasarkan data
yana diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa
selama pembelajaran menulis laporan pengamatan dengan menggunakan metode
karyawisata adalah :
Pada siklus I prosentase hasil belajar siswa ada 50% dengan kriteria baik dan
50% dengan kriteria kurang baik. Dan prosentase aktivitas siswa 60%.
Pada siklus II prosentase hasil belajar siswa naik menjadi 82% dengan kriteria
baik dan dengan kriteria kurang baik turun menjadi 18%. Serta prosentase
aktivitas siswa naik menjadi 80%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil
belajar sisswa pada materi menulis laporan pengamatan dengan metode
karyawisata yang dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan memotivasi
siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban
siswa.