Show simple item record

dc.contributor.authorARIEF EKA PRASETYA
dc.date.accessioned2013-12-05T05:26:02Z
dc.date.available2013-12-05T05:26:02Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM100210274036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4767
dc.description.abstractPembelajaran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V SDN Biting 03 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember lebih berpusat pada guru sehingga membuat siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa menunjukkan masih di bawah kriteria ketuntasan minimal ≤ 66 yaitu berjumlah 23 siswa dari total jumlah siswa 35. Guru juga belum menggunakan metode belajar yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode inkuiri pada pokok bahasan proklamasi kemerdekaan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas V SDN Biting 03 Arjasa mata pelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan tahun pelajaran 2011/2012, dan bagaimanakah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Biting 03 Arjasa mata pelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas melalui 2 tahap siklus. Dilaksanakan di kelas V yang terdiri dari 35 siswa, 15 laki-laki dan 20 perempuan. Siswa dibagi menjadi 7 kelompok yang heterogen dan saling berpasangan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif Print to PDF without this message by purchasing novaPDF (http://www.novapdf.com/) kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes individu. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan tes individu. Media yang digunakan adalah gambar, biografi, media langsung (tokoh), komputer dengan proyektor, dan video pembelajaran. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 72 % dengan kriteria aktif dan meningkat pada siklus 2 sebesar 81,14 % dengan kriteria sangat aktif. Dari hasil tes akhir yang dilakukan, pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar tercapai sebesar 57,14 % dan meningkat pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar tercapai sebesar 71,43 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan pokok bahasan proklamasi kemerdekaan pada siswa kelas V Semester 2 di SD Negeri Biting 03 Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran dalam penelitian ini bagi guru adalah guru perlu meningkatkan perhatian dan bimbingan dalam kegiatan pembelajaran, agar siswa termotivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh terutama memberikan contoh bagi siswanya. Penekanan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial harus lebih menekankan pada menggali informasi, mengalami dan merefleksikan yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga semua aspek keterampilan sosial siswa tercapai dengan baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274036;
dc.subjectMetode Inkuiri, Hasil Belajar dan Aktivitas Siswaen_US
dc.titleENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN DENGAN METODE INKUIRI DI SDN BITING 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record