• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN DENGAN METODE INKUIRI DI SDN BITING 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    ARIEF EKA PRASETYA - 100210274036_1.pdf (120.6Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    ARIEF EKA PRASETYA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V SDN Biting 03 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember lebih berpusat pada guru sehingga membuat siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa menunjukkan masih di bawah kriteria ketuntasan minimal ≤ 66 yaitu berjumlah 23 siswa dari total jumlah siswa 35. Guru juga belum menggunakan metode belajar yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode inkuiri pada pokok bahasan proklamasi kemerdekaan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas V SDN Biting 03 Arjasa mata pelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan tahun pelajaran 2011/2012, dan bagaimanakah penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Biting 03 Arjasa mata pelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas melalui 2 tahap siklus. Dilaksanakan di kelas V yang terdiri dari 35 siswa, 15 laki-laki dan 20 perempuan. Siswa dibagi menjadi 7 kelompok yang heterogen dan saling berpasangan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif Print to PDF without this message by purchasing novaPDF (http://www.novapdf.com/) kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes individu. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan tes individu. Media yang digunakan adalah gambar, biografi, media langsung (tokoh), komputer dengan proyektor, dan video pembelajaran. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 72 % dengan kriteria aktif dan meningkat pada siklus 2 sebesar 81,14 % dengan kriteria sangat aktif. Dari hasil tes akhir yang dilakukan, pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar tercapai sebesar 57,14 % dan meningkat pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar tercapai sebesar 71,43 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan pokok bahasan proklamasi kemerdekaan pada siswa kelas V Semester 2 di SD Negeri Biting 03 Tahun Pelajaran 2011/2012. Saran dalam penelitian ini bagi guru adalah guru perlu meningkatkan perhatian dan bimbingan dalam kegiatan pembelajaran, agar siswa termotivasi untuk belajar dengan sungguh-sungguh terutama memberikan contoh bagi siswanya. Penekanan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial harus lebih menekankan pada menggali informasi, mengalami dan merefleksikan yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga semua aspek keterampilan sosial siswa tercapai dengan baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4767
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository