ENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN DENGAN METODE INKUIRI DI SDN BITING 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas V SDN
Biting 03 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember lebih berpusat pada guru sehingga
membuat siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Hasil belajar
siswa menunjukkan masih di bawah kriteria ketuntasan minimal ≤ 66 yaitu
berjumlah 23 siswa dari total jumlah siswa 35. Guru juga belum menggunakan
metode belajar yang sesuai.
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa setelah menerapkan metode inkuiri pada pokok bahasan proklamasi
kemerdekaan.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan
metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Kelas V SDN Biting 03
Arjasa mata pelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan tahun
pelajaran 2011/2012, dan bagaimanakah penggunaan metode inkuiri dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Biting 03 Arjasa mata pelajaran
IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas melalui 2
tahap siklus. Dilaksanakan di kelas V yang terdiri dari 35 siswa, 15 laki-laki dan
20 perempuan. Siswa dibagi menjadi 7 kelompok yang heterogen dan saling
berpasangan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian
tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.
Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dan
dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif
Print to PDF without this message by purchasing novaPDF (http://www.novapdf.com/)
kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa
observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk
menganalisis hasil tes individu. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa
dan tes individu.
Media yang digunakan adalah gambar, biografi, media langsung (tokoh),
komputer dengan proyektor, dan video pembelajaran.
Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui
bahwa persentase aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 72 % dengan kriteria aktif
dan meningkat pada siklus 2 sebesar 81,14 % dengan kriteria sangat aktif. Dari
hasil tes akhir yang dilakukan, pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar tercapai
sebesar 57,14 % dan meningkat pada siklus 2 ketuntasan hasil belajar tercapai
sebesar 71,43 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan aktivitas dan
hasil belajar siswa dengan penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) dengan pokok bahasan proklamasi kemerdekaan pada
siswa kelas V Semester 2 di SD Negeri Biting 03 Tahun Pelajaran 2011/2012.
Saran dalam penelitian ini bagi guru adalah guru perlu meningkatkan
perhatian dan bimbingan dalam kegiatan pembelajaran, agar siswa termotivasi
untuk belajar dengan sungguh-sungguh terutama memberikan contoh bagi
siswanya. Penekanan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial harus lebih
menekankan pada menggali informasi, mengalami dan merefleksikan yang telah
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga semua aspek keterampilan sosial
siswa tercapai dengan baik.