• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA TERHADAP PERISTIWA YANG DILIHATNYA MELALUI MEDIA VCD SISWA KELAS 3 SDN KEBONSARI 05 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Dessy Priyatiningtyas.pdf (132.3Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Dessy Priyatiningtyas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 05 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember pada tanggal 23 Februari 2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kebonsari 05 pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011, sebanyak 20 siswa swbagai responden penelitian. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini menggunakan model skema penelitian Hopskin dimana penelitian tindakan dilaksanakan dengan sistem spiral. Pelaksanaan terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi,tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan untuk menghitung persentase peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa bedasarkan hasil observasi dan hasil tes. Penggunaan media VCD yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan memperlihatkan sampul kaset yang bergambarkan timun mas, VCD ditayangkan melalui layar LCD, tampilan gambar kaset VCD diperbesar, dan volume suara diperbesar. Hasil peningkatan keterampilan berbicara setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media VCD pada siklus I mencapai 35% atau 7 siswa yang mengalami ketuntasan belajar dan pada siklus II mencapai 90% atau 18 siswa yang mengalami ketuntasan belajar. Dari analisis hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan kegiatan berbicara dengan menggunakan media VCD dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN Kebonsari 05 Jember dalam bercerita. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diberikan saran kepada: (1) siswa hendaknya lebih meningkatkan minatnya terhadap sastra : (2) guru hendaknya menggunakan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara melalui bercerita dan memotivasi siswa untuk berkarya ; (3) peneliti selanjutnya menggunakan hasil penelitian ini sebagai masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4758
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository