PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA TERHADAP PERISTIWA YANG DILIHATNYA MELALUI MEDIA VCD SISWA KELAS 3 SDN KEBONSARI 05 JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 05 Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember pada tanggal 23 Februari 2011. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas III SDN Kebonsari 05 pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011,
sebanyak 20 siswa swbagai responden penelitian. Penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini
menggunakan model skema penelitian Hopskin dimana penelitian tindakan
dilaksanakan dengan sistem spiral. Pelaksanaan terdiri atas dua siklus yaitu siklus I
dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat langkah utama yaitu perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
wawancara, observasi,tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan untuk
menghitung persentase peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar
siswa bedasarkan hasil observasi dan hasil tes.
Penggunaan media VCD yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara
siswa dengan memperlihatkan sampul kaset yang bergambarkan timun mas, VCD
ditayangkan melalui layar LCD, tampilan gambar kaset VCD diperbesar, dan volume
suara diperbesar. Hasil peningkatan keterampilan berbicara setelah dilakukan
pembelajaran dengan menggunakan media VCD pada siklus I mencapai 35% atau 7
siswa yang mengalami ketuntasan belajar dan pada siklus II mencapai 90% atau 18
siswa yang mengalami ketuntasan belajar. Dari analisis hasil penelitian ini maka
dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan kegiatan berbicara dengan
menggunakan media VCD dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN
Kebonsari 05 Jember dalam bercerita. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diberikan
saran kepada: (1) siswa hendaknya lebih meningkatkan minatnya terhadap sastra :
(2) guru hendaknya menggunakan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam
meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara melalui bercerita dan memotivasi
siswa untuk berkarya ; (3) peneliti selanjutnya menggunakan hasil penelitian ini
sebagai masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya.