Show simple item record

dc.contributor.authorAhmad Dian Bastian Syah
dc.date.accessioned2013-12-05T04:55:43Z
dc.date.available2013-12-05T04:55:43Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4717
dc.description.abstractSekolah sebagai salah satu pusat kegiatan belajar merupakan tempat untuk mengembangkan aktivitas belajar. Aktivitas belajar siswa merupakan segala kegiatan yang dilakukan siswa selama siswa mengikuti kegiatan pembelajaran yang telah disusun berdasarkan rancangan pembelajaran. Aktivitas merupakan prinsip atau asas yang sangat penting dalam interaksi belajar mengajar. Tanpa adanya aktivitas proses belajar mengajar tidak dapat berlangsung dengan baik karena pada prinsipnya belajar adalah berbuat. Aktivitas belajar pada siswa kelas IV SDN Gambor pada mata pelajaran IPS tergolong kategori rendah, rendahnya aktivitas tersebut ternyata berdampak pada hasil belajar siswa. Guru sebagai tenaga pendidik harus mampu memecahkan permasalahan di kelas IV, oleh karena itu penelit i bersama guru sepakat untuk menggunakan pembelajaran kooperatif model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi. Dalam penelit ian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi melalui pembelajaran kooperatif model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media gambar di SDN Gambor Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012. Oleh karena itu, penelit ian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi perkembangan tekologi melalui pembelajaran kooperatif model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media gambar di SDN Gambor Banyuwangi. Penelit ian ini dilakukan di SDN Gambort dan pengambilan data dilakukan pada tanggal 27 Januari 2011 sampai dengan 7 April 2012. Adapun subjek penelit ian adalah siswa Kelas IV. Penelit ian ini merupakan penelit ian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Hasil penelit ian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media gambar, aktivitas belajar siswa secara klasikal untuk tiap-tiap pertemuan mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan 1 adalah 72,74% masuk kategori aktif. Persentase aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan 2 adalah 74,64% masuk kategori aktif. Persentase aktivitas siswa pada siklus 2 pertemuan 1 adalah 80,47% masuk kategori sangat aktif. Persentase aktivitas siswa pada siklus 2 pertemuan 2 adalah 84,28% masuk kategori sangat aktif. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 76,2% dan meningkat sebesar 92,86% pada siklus II. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media gambar dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dalam penelit ian ini adalah guru hendaknya dapat menggunakan media gambar dan memanfaatkan media pembelajaran selain dari buku paket yang digunakan sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204026;
dc.subjectAktivitas, Hasil Belajar Siswa, Materi Perkembangan Teknologi, Cooperative Integrated Reading and Compositionen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MEDIA GAMBAR DI SDN GAMBOR BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record