• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MEDIA GAMBAR DI SDN GAMBOR BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    AHMAD DIAN BASTIAN SYAH ( 080210204026) (2)_1.pdf (288.0Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Ahmad Dian Bastian Syah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sekolah sebagai salah satu pusat kegiatan belajar merupakan tempat untuk mengembangkan aktivitas belajar. Aktivitas belajar siswa merupakan segala kegiatan yang dilakukan siswa selama siswa mengikuti kegiatan pembelajaran yang telah disusun berdasarkan rancangan pembelajaran. Aktivitas merupakan prinsip atau asas yang sangat penting dalam interaksi belajar mengajar. Tanpa adanya aktivitas proses belajar mengajar tidak dapat berlangsung dengan baik karena pada prinsipnya belajar adalah berbuat. Aktivitas belajar pada siswa kelas IV SDN Gambor pada mata pelajaran IPS tergolong kategori rendah, rendahnya aktivitas tersebut ternyata berdampak pada hasil belajar siswa. Guru sebagai tenaga pendidik harus mampu memecahkan permasalahan di kelas IV, oleh karena itu penelit i bersama guru sepakat untuk menggunakan pembelajaran kooperatif model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media gambar untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi. Dalam penelit ian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi melalui pembelajaran kooperatif model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media gambar di SDN Gambor Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012. Oleh karena itu, penelit ian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi perkembangan tekologi melalui pembelajaran kooperatif model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media gambar di SDN Gambor Banyuwangi. Penelit ian ini dilakukan di SDN Gambort dan pengambilan data dilakukan pada tanggal 27 Januari 2011 sampai dengan 7 April 2012. Adapun subjek penelit ian adalah siswa Kelas IV. Penelit ian ini merupakan penelit ian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Hasil penelit ian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media gambar, aktivitas belajar siswa secara klasikal untuk tiap-tiap pertemuan mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan 1 adalah 72,74% masuk kategori aktif. Persentase aktivitas siswa pada siklus 1 pertemuan 2 adalah 74,64% masuk kategori aktif. Persentase aktivitas siswa pada siklus 2 pertemuan 1 adalah 80,47% masuk kategori sangat aktif. Persentase aktivitas siswa pada siklus 2 pertemuan 2 adalah 84,28% masuk kategori sangat aktif. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus I adalah 76,2% dan meningkat sebesar 92,86% pada siklus II. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media gambar dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dalam penelit ian ini adalah guru hendaknya dapat menggunakan media gambar dan memanfaatkan media pembelajaran selain dari buku paket yang digunakan sekolah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4717
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository