• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS POKOK BAHASAN GAYA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING (TANDUR) PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Bagus Indrajit.pdf (256.6Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    BAGUS INDRAJIT
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 03 kls IVC Semester Genap Tahun 2010/2011 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember yang terdiri dari 31 siswa, 17 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus ada 2 pembelajaran, setiap pembelajaran pertama guru menggunakan model Quantum Teaching (TANDUR) dan pembelajaran ke dua sebagai pemantapan materi dan dilakukan tes akhir siklus. Sebelum melakukan penelitian peneliti melakukan Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis tes individu, dan tes kelompok. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 18 Februari sampai 22 Februari 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas IVC SD Negeri Sumbersari 03 Kecamatan sumbersari Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa secara klasikal. Hasil pengamatan peneliti diperoleh persentase aktivitas siswa adalah 48,3% pada siklus 1 dan 65,3% pada siklus 2. Persentase hasil belajar siswa adalah 65,3% pada siklus 1 dan 70,6% pada siklus 2. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa siswa kelas IVC telah mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar Sains. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Quantum Teaching dengan penerapan TANDUR dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran Sains pokok bahasan gaya. Dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan penerapan TANDUR dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Gaya. Hal ini dapat ditunjukkan dengan persentase aktivitas dan hasil tes akhir siklus 1 dan 2. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah model Qoantum Teaching (TANDUR) dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran sains sebagai upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4645
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository