dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomulyo 09 Kecamatan Silo
Kabupaten Jember yang terdiri dari 15 siswa, 5 orang siswa laki-laki dan 10 orang
perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang heterogen. Penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan
kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dan diawali dengan pra siklus. Metode
pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif
kualitatif digunakan untuk menganalisis data observasi, wawancara dan
dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis tes
individu, dan tes kelompok. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: aktivitas
siswa dan ketuntasan hasil belajar, berturut-turut menggunakan rumus:
x100%
N
A
Pa = dan x100%
N
n
E = .
Berdasarkan analisis data untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas
siswa klasikal dari rata-rata siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, secara
berurutan yaitu 36,67% dalam kategori kurang aktif dan 73,33% dalam kategori
sangat aktif. Hasil belajar pra siklus nilai rata-rata kelas 62,67 dengan nilai terendah
52 dan nilai tertinggi 94. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat hingga
mencapai 66,6 dengan nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 95. Pada siklus II nilai
rata-rata kelas meningkat hingga mencapai 70,27 dengan nilai terendah 51 dan nilai
tertinggi 100. Berdasarkan hal tersebut, ketuntasan hasil belajar siswa terlihat pada
prasiklus (sebelum tindakan) adalah 33,33% dengan 10 siswa belum tuntas, siklus I
adalah 60% dengan 6 siswa belum tuntas dan pada siklus II adalah 80% dengan 3
siswa belum tuntas. Hasil analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus
mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas siswa selama
pembelajaran IPA menggunakan metode diskusi dan media CD pembelajaran
mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif;
(2) hasil belajar siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan dan sesuai
Kriteria Ketuntasan Minimal; (3) Pembelajaran IPA menggunakan metode diskusi
dan media CD pembelajaran dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas
III SDN Sidomulyo 09 Kecamatan Silo Kabupaten Jember. | en_US |