• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM (SDA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS III SDN SIDOMULYO 09 SILO-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011

    Thumbnail
    View/Open
    Athik M. Khoir.pdf (195.0Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Athik Miftahul Khoir
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomulyo 09 Kecamatan Silo Kabupaten Jember yang terdiri dari 15 siswa, 5 orang siswa laki-laki dan 10 orang perempuan. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dan diawali dengan pra siklus. Metode pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis tes individu, dan tes kelompok. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar, berturut-turut menggunakan rumus: x100% N A Pa = dan x100% N n E = . Berdasarkan analisis data untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa klasikal dari rata-rata siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, secara berurutan yaitu 36,67% dalam kategori kurang aktif dan 73,33% dalam kategori sangat aktif. Hasil belajar pra siklus nilai rata-rata kelas 62,67 dengan nilai terendah 52 dan nilai tertinggi 94. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat hingga mencapai 66,6 dengan nilai terendah 45 dan nilai tertinggi 95. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat hingga mencapai 70,27 dengan nilai terendah 51 dan nilai tertinggi 100. Berdasarkan hal tersebut, ketuntasan hasil belajar siswa terlihat pada prasiklus (sebelum tindakan) adalah 33,33% dengan 10 siswa belum tuntas, siklus I adalah 60% dengan 6 siswa belum tuntas dan pada siklus II adalah 80% dengan 3 siswa belum tuntas. Hasil analisis tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas siswa selama pembelajaran IPA menggunakan metode diskusi dan media CD pembelajaran mengalami peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif; (2) hasil belajar siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan dan sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal; (3) Pembelajaran IPA menggunakan metode diskusi dan media CD pembelajaran dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas III SDN Sidomulyo 09 Kecamatan Silo Kabupaten Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4620
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository