PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA DENGAN MODEL PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SUMBERKETEMPA 03 KALISAT KABUPATEN JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberketempa 03 kelas V yang
terdiri dari 27 siswa, 15 siswa laki-laki, 12 siswa perempuan. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode
pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan
terhadap data yang diperoleh dari hasil observasi. Analisis diskriptif kuantitatif
digunakan untuk mengolah data yang dihasilkan tes. Pengambilan data dilakuakan
tanggal 16 Maret 2011 sampai 22 Maret 2011 dengan subjek penelitian siswa
kelas V SD Negeri Sumberketempa 03 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember.
Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes
individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa
implementasi model pembelajaran Problem Posing tipe Pre-Solution Posing pada
materi pecahan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumberketempa
03 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember, ditandai dengan ketuntasan belajar
siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I = 61,4% Siklus II = 80,7% dan aktivitas
siswa dalam kegiatan kelompok yang semakin meningkat yang pada siklus I
diperoleh 66,67 meningkat pada siklus II adalah 82,71 dan aktivitas guru dalam
pembelajaran juga meningkat hingga mencapai 79,17% dari empat pertemuan.
Kesimpulan penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri
Sumberketempa 03 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember mengalami
peningkatan aktivitas dan kemampuan siswa dalam operasi penjumlahan pecahan
berpenyebut tidak sama dengan Problem Posing tipe Pre-Solution Posing. Oleh
karena itu Problem Posing tipe Pre-Solution Posing dapat dipakai sebagai salah
satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam materi selanjutnya.