• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA DENGAN MODEL PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SUMBERKETEMPA 03 KALISAT KABUPATEN JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Ary W. Handayani.pdf (393.4Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    ARY WAHYU HANDAYANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberketempa 03 kelas V yang terdiri dari 27 siswa, 15 siswa laki-laki, 12 siswa perempuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan terhadap data yang diperoleh dari hasil observasi. Analisis diskriptif kuantitatif digunakan untuk mengolah data yang dihasilkan tes. Pengambilan data dilakuakan tanggal 16 Maret 2011 sampai 22 Maret 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Sumberketempa 03 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa implementasi model pembelajaran Problem Posing tipe Pre-Solution Posing pada materi pecahan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumberketempa 03 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember, ditandai dengan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I = 61,4% Siklus II = 80,7% dan aktivitas siswa dalam kegiatan kelompok yang semakin meningkat yang pada siklus I diperoleh 66,67 meningkat pada siklus II adalah 82,71 dan aktivitas guru dalam pembelajaran juga meningkat hingga mencapai 79,17% dari empat pertemuan. Kesimpulan penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sumberketempa 03 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember mengalami peningkatan aktivitas dan kemampuan siswa dalam operasi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan Problem Posing tipe Pre-Solution Posing. Oleh karena itu Problem Posing tipe Pre-Solution Posing dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam materi selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4595
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository