dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yakni menggambarkan
dengan nilai dan kata-kata atau kalimat menurut kategori untuk mengetahui
implementasi penilaian portofolio pada guru mata pelajaran IPS Kelas VIIIA di SMP
viii
Negeri 6 Jember. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam
penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data utama yang diperoleh dalam penelitian implementasi penilaian portofolio
pada mata pelajaran IPS ekonomi kompetensi dasar mendeskripsikan pelaku
ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara dapat dilihat
dari instrument penilaian portofolio siswa. Instrumen penilaian portofolio tersebut
berupa tugas membuat peta konsep, membuat makalah, dan membuat kliping.
Hasil analisis penilaian portofolio pada siswa dengan melihat instrumen
penilaian berupa tugas peta konsep, makalah, dan kliping diperoleh rata-rata klasikal
siswa kelas VIIIA sebesar 78,5 yang artinya baik dengan rincian nilai masing-masing
instrumen penilaian tugas peta konsep memperoleh nilai sebesar 78,4, tugas makalah
memperoleh nilai sebesar 77,7 dan tugas kliping memperoleh nilai sebesar 79,3
Berdasarkan hasil dan pembahasan mengenai implementasi penilaian portofolio
pada guru mata pelajaran IPS kelas VIIIA di SMP Negeri 6 Jember tahun pelajaran
2012/2013 disimpulkan bahwa penilaian portofolio yang telah diterapkan guru baik.
Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil analisis tugas siswa secara klasikal yang
menunjukkan nilai diatas ketuntasan minimum | en_US |