• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI PENILAIAN PORTOFOLIO PADA GURU MATA PELAJARAN IPS KELAS VIIIA DI SMP NEGERI 6 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SKRIPSI

    Thumbnail
    View/Open
    Naylah Kafida Rohmah - 080210391007_1.pdf (965.0Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    NAYLAH KAFIDA ROHMAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yakni menggambarkan dengan nilai dan kata-kata atau kalimat menurut kategori untuk mengetahui implementasi penilaian portofolio pada guru mata pelajaran IPS Kelas VIIIA di SMP viii Negeri 6 Jember. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data utama yang diperoleh dalam penelitian implementasi penilaian portofolio pada mata pelajaran IPS ekonomi kompetensi dasar mendeskripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara dapat dilihat dari instrument penilaian portofolio siswa. Instrumen penilaian portofolio tersebut berupa tugas membuat peta konsep, membuat makalah, dan membuat kliping. Hasil analisis penilaian portofolio pada siswa dengan melihat instrumen penilaian berupa tugas peta konsep, makalah, dan kliping diperoleh rata-rata klasikal siswa kelas VIIIA sebesar 78,5 yang artinya baik dengan rincian nilai masing-masing instrumen penilaian tugas peta konsep memperoleh nilai sebesar 78,4, tugas makalah memperoleh nilai sebesar 77,7 dan tugas kliping memperoleh nilai sebesar 79,3 Berdasarkan hasil dan pembahasan mengenai implementasi penilaian portofolio pada guru mata pelajaran IPS kelas VIIIA di SMP Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2012/2013 disimpulkan bahwa penilaian portofolio yang telah diterapkan guru baik. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil analisis tugas siswa secara klasikal yang menunjukkan nilai diatas ketuntasan minimum
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4584
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository