Meningkatkan Kemampuan Mengarang Berdasarkan Gambar Melalui Metode Pembelajaran Imajinatif pada Siswa Kelas III SDN Karangrejo 02 Tahun Pelajaran 2010/2011
Abstract
Adapun peningkatan perolehan nilai hasil karangan siswa setelah
diterapkannya metode pembelajaran imajinatif siswa kelas III SDN Karangrejo 02
tahun pelajaran 2010/2011, terbukti dari perolehan nilai hasil karangan siswa yang
diperoleh pada siklus 1 yang mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥ 70) sebanyak 29
siswa atau 74,36% dari total 39 siswa, sebanyak 10 siswa atau sebesar 25,64%
dari total 39 siswa belum mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥ 70). Secara klasikal
(≥ 75% dari total jumlah siswa) yang mencapai ketuntasan nilai hanya 73,97%,
sedangkan hasil tes siklus II siswa yang mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥70)
sebanyak 39 siswa, Secara klasikal (≥ 75% dari total jumlah siswa) yang
mencapai ketuntasan nilai sebanyak 91,41% dari total 39 siswa.
Berdasarkan hasil perolehan nilai hasil
karangan siswa setelah penerapan metode pembelajaran imajinatif pada
pembelajaran mengarang siswa kelas III SDN Karangrejo 02 tahun pelajaran
2010/2011 terbukti dapat meningkatkan kemampuan mengarang siswa, sehingga
metode pembelajaran imajinatif dapat dijadikan alternatif oleh guru dalam
pembelajaran karena metode pembelajaran imajinatif ini dapat meningkatkan
kemampuan mengarang siswa.