Show simple item record

dc.contributor.authorAprilia Novita Dewi
dc.date.accessioned2013-12-05T03:26:44Z
dc.date.available2013-12-05T03:26:44Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204183
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4558
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Bagorejo 01 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember yang terdiri dari 33 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dirancang 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana pelakasnaan pembelajaran dengan menggunakan media limbah rumah tangga di sekitar rumah pada siswa kelas IV SDN Bagorejo 01 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan bentuk-bentuk masalah sosial di masyarakat Tahun Pelajaran 2010/2011; (2) untuk mengetahui apakah penggunaan media limbah rumah tangga di sekitar rumah pada siswa kelas IV SDN Bagorejo 01 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan bentuk-bentuk masalah sosial di masyarakat dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Pengambilan data dilakukan mulai hari Kamis, 14 April 2011 sampai dengan 30 April 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Bagorejo 01 Gumukmas Jember. Pada siklus I aktivitas melihat (visual activities) mencapai 69,69% meningkat menjadi 71,21% pada siklus II, aktivitas berbicara (oral activities) mencapai 62,12 pada siklus I, meningkat menjadi 78,03% pada siklus II, aktifitas mendengarkan (listening activities) mencapai 74,24 pada siklus I dan meningkat menjadi 78,03 pada siklus II, aktivitas menggambar (drawing activities) mencapai 84,84% pada siklus I meningkat menjadi 90,90% pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas belajarnya yaitu mencapai 51,5% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 75,75%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dianjurkan beberapa saran sebagai berikut: (1) dari hasil penelitian bila menerapkan media Limbah Rumah Tangga dalam pembelajaran IPS, maka guru harus benar-benar bisa menguasai kelas; (2) bagi guru, model pembelajaran dengan menggunakan media Limbah Rumah Tangga dapat diterapkan pada penyampaian materi masalahmasalah sosial di masyarakat, agar siswa lebih mudah dalam memahami konsepkonsep IPS dan penerapannya pada kehidupan sehari-hari; (3) untuk peneliti lain disarankan agar megadopsi pemanfaatan Limbah Rumah Tangga pada pokok bahasan IPS yang berbeda ataupun jenjang pendidikan yang lain, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204183;
dc.subjectLimbah Rumah Tangga, Media Pembelajaran, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePEMANFAATAN LIMBAH RUMAH TANGGA DI SEKITAR RUMAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Pada Siswa SDN Bagorejo 01 Gumukmas Jember Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Masalah Sosial di Masyarakat Tahun Pelajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record