• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMANFAATAN LIMBAH RUMAH TANGGA DI SEKITAR RUMAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Pada Siswa SDN Bagorejo 01 Gumukmas Jember Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Masalah Sosial di Masyarakat Tahun Pelajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    Aprilia N. Dewi.pdf (197.8Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Aprilia Novita Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Bagorejo 01 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember yang terdiri dari 33 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dirancang 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana pelakasnaan pembelajaran dengan menggunakan media limbah rumah tangga di sekitar rumah pada siswa kelas IV SDN Bagorejo 01 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan bentuk-bentuk masalah sosial di masyarakat Tahun Pelajaran 2010/2011; (2) untuk mengetahui apakah penggunaan media limbah rumah tangga di sekitar rumah pada siswa kelas IV SDN Bagorejo 01 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan bentuk-bentuk masalah sosial di masyarakat dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Pengambilan data dilakukan mulai hari Kamis, 14 April 2011 sampai dengan 30 April 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Bagorejo 01 Gumukmas Jember. Pada siklus I aktivitas melihat (visual activities) mencapai 69,69% meningkat menjadi 71,21% pada siklus II, aktivitas berbicara (oral activities) mencapai 62,12 pada siklus I, meningkat menjadi 78,03% pada siklus II, aktifitas mendengarkan (listening activities) mencapai 74,24 pada siklus I dan meningkat menjadi 78,03 pada siklus II, aktivitas menggambar (drawing activities) mencapai 84,84% pada siklus I meningkat menjadi 90,90% pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas belajarnya yaitu mencapai 51,5% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 75,75%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dianjurkan beberapa saran sebagai berikut: (1) dari hasil penelitian bila menerapkan media Limbah Rumah Tangga dalam pembelajaran IPS, maka guru harus benar-benar bisa menguasai kelas; (2) bagi guru, model pembelajaran dengan menggunakan media Limbah Rumah Tangga dapat diterapkan pada penyampaian materi masalahmasalah sosial di masyarakat, agar siswa lebih mudah dalam memahami konsepkonsep IPS dan penerapannya pada kehidupan sehari-hari; (3) untuk peneliti lain disarankan agar megadopsi pemanfaatan Limbah Rumah Tangga pada pokok bahasan IPS yang berbeda ataupun jenjang pendidikan yang lain, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4558
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository