PENGARUH KEMANDIRIAN DAN GAYA BELAJAR KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN AMBULU MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA STANDAR KOMPETENSI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/ 2013 SKRIPSI Oleh Muh Hasan
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh persamaan regresi
Y=4,199+ 0,530X1 + 0,963X2 +ei, sehingga terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara kemandirian dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar
siswa. Dari hasil uji F atau simultan diperoleh Fhitung sebesar 27,513 dan Ftabel
sebesar 3,18 maka (27,513 ≥ 3,18) yang berarti signifikan dan menerima hipotesis
alternatif. Hasil pengujian secara parsial variabel kemandirian diperoleh thitung
sebesar 2,936 dan ttabel sebesar 2,00 dengan nilai signifikansi (2,936 ≥ 2,00), thitung
sebesar 2,835 dan ttabel sebesar 2,00 untuk variabel gaya belajr kinestetik dengan
nilai signifikansi (2,835 ≥ 2,00), hal ini berarti hipotesis alternatif diterima.
Koefisien determinan R2 sebesar 51,9%, sedangkan sisanya 48,1% dipengaruhi
oleh faktor lain diluar penelitian ini. Besarnya kontribusi atau sumbangan secara
parsial masing-masing adalah 26,50% untuk variabel kemandirian dan 25,42%
untuk variabel gaya belajar kinestetik. Berdasarkan hasil penelitian ini juga dapat
diketahui bahwa variable kemandirian (X1) merupakan variabel yang dominan
berpengaruh terhadap hasil belajar (Y).