Show simple item record

dc.contributor.authorAnggita Rasulyah
dc.date.accessioned2013-12-05T03:17:18Z
dc.date.available2013-12-05T03:17:18Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210204271
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4532
dc.description.abstractHasil observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berbasis masalah dengan media kokami pada siklus I, yaitu kriteria mendengarkan dan mencatat kartu pesan 60,26%, memecahkan masalah 60,71%, diskusi dan interaksi 58,03%, presentasi 55,8% dan menarik kesimpulan 55,35%. Secara keseluruhan persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 58,03% dan dapat dikategorikan cukup aktif. Aktivitas siswa pada siklus II, yaitu kriteria mendengarkan dan mencatat kartu pesan 86,16%, memecahkan masalah 74,99%, diskusi dan interaksi 83,48%, presentasi 76,33% dan menarik kesimpulan 72,32%. Secara keseluruhan persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 20,62% dari siklus I yaitu mencapai 78,65% dan dapat dikategorikan aktif. Tes akhir siklus I kurang memuaskan, hal ini terlihat dari ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 57,14%. Persentase ketuntasan belajar pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,43% dari siklus I yaitu mencapai 78,57% dan telah dikatakan tuntas, karena telah mencapai KKM SD Negeri Mumbulsari 01 Jember yaitu 60%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan media kokami dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Mumbulsari 01 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204271;
dc.subjectPembelajaran Berbasis Masalah, Media Kotak Kartu Misteri (Kokami), Hasil Belajar Matematikaen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN KELAS V SDN MUMBULSARI 01 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record