PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN KELAS V SDN MUMBULSARI 01 JEMBER
Abstract
Hasil observasi aktivitas siswa selama pembelajaran berbasis masalah
dengan media kokami pada siklus I, yaitu kriteria mendengarkan dan mencatat
kartu pesan 60,26%, memecahkan masalah 60,71%, diskusi dan interaksi 58,03%,
presentasi 55,8% dan menarik kesimpulan 55,35%. Secara keseluruhan persentase
rata-rata aktivitas siswa pada siklus I mencapai 58,03% dan dapat dikategorikan
cukup aktif. Aktivitas siswa pada siklus II, yaitu kriteria mendengarkan dan
mencatat kartu pesan 86,16%, memecahkan masalah 74,99%, diskusi dan
interaksi 83,48%, presentasi 76,33% dan menarik kesimpulan 72,32%. Secara
keseluruhan persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus II mengalami
peningkatan sebesar 20,62% dari siklus I yaitu mencapai 78,65% dan dapat
dikategorikan aktif. Tes akhir siklus I kurang memuaskan, hal ini terlihat dari
ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 57,14%. Persentase ketuntasan belajar
pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,43% dari siklus I yaitu mencapai
78,57% dan telah dikatakan tuntas, karena telah mencapai KKM SD Negeri
Mumbulsari 01 Jember yaitu 60%.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis
masalah dengan media kokami dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD
Negeri Mumbulsari 01 Jember.