Show simple item record

dc.contributor.authorAgus Prayitno
dc.date.accessioned2013-12-05T03:15:31Z
dc.date.available2013-12-05T03:15:31Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM060210302273
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4530
dc.description.abstractPada umumnya pembelajaran sejarah di sekolah masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi sejarah di SMA Negeri 1 Pujer Bondowoso diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran sejarah. Akibatnya rata-rata hasil belajar siswa masih berada dibawah standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran Cooperatif Learning Teknik Bertukar Pasangan , aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan penerapan Model Cooperatif Learning Teknik Bertukar Pasangan pada materi Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis,Revolusi Amerika,Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI A Semester Genap SMA Negeri 1 Pujer Bondowoso. Pengambilan data dimulai pada tanggal 2 Mei Sampai 23 Mei. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema Kemmis dan Mc taggart yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Berdasarkan model skema Kemmis dan Mc taggart maka dikembangkan desain penelitian menggunakan prosedur kerja dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada tiap akhir siklus diberikan tes akhir untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi yang telah dipelajari. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisa data merupakan cara yang paling menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul, sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Model Cooperatif Learning Teknik Bertukar Pasangan pada materi Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis,Revolusi Amerika,Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia kelas XI A SMA Negeri 1 Pujer Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 berjalan lancar dan baik. hal ini bisa dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa yang meningkat dari pembelajaran pertama sampai pembelajaran ke empat. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai akhir pada siklus I diperoleh 70.00 meningkat menjadi 75.35 pada siklus II. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa menyukai pembelajaran yang diterapkan, yaitu pembelajran Model Cooperatif Learning Teknik Bertukar Pasangan. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa pembelajaran penerapan Model Cooperatif Learning Teknik Bertukar Pasangan pada materi Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis,Revolusi Amerika,Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210302273;
dc.subjectModel Cooperatif Learningen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TEKNIK BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI SMAN 01 PUJER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record