• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TEKNIK BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI SMAN 01 PUJER TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Agus Prayitno - 060210302273_1.pdf (354.0Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Agus Prayitno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada umumnya pembelajaran sejarah di sekolah masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi sejarah di SMA Negeri 1 Pujer Bondowoso diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran sejarah. Akibatnya rata-rata hasil belajar siswa masih berada dibawah standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran Cooperatif Learning Teknik Bertukar Pasangan , aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan penerapan Model Cooperatif Learning Teknik Bertukar Pasangan pada materi Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis,Revolusi Amerika,Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI A Semester Genap SMA Negeri 1 Pujer Bondowoso. Pengambilan data dimulai pada tanggal 2 Mei Sampai 23 Mei. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema Kemmis dan Mc taggart yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Berdasarkan model skema Kemmis dan Mc taggart maka dikembangkan desain penelitian menggunakan prosedur kerja dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada tiap akhir siklus diberikan tes akhir untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi yang telah dipelajari. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisa data merupakan cara yang paling menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul, sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Model Cooperatif Learning Teknik Bertukar Pasangan pada materi Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis,Revolusi Amerika,Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia kelas XI A SMA Negeri 1 Pujer Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 berjalan lancar dan baik. hal ini bisa dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa yang meningkat dari pembelajaran pertama sampai pembelajaran ke empat. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai akhir pada siklus I diperoleh 70.00 meningkat menjadi 75.35 pada siklus II. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa menyukai pembelajaran yang diterapkan, yaitu pembelajran Model Cooperatif Learning Teknik Bertukar Pasangan. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa pembelajaran penerapan Model Cooperatif Learning Teknik Bertukar Pasangan pada materi Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis,Revolusi Amerika,Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4530
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository