dc.description.abstract | Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil
observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, diketahui pada siklus 1
presentase yang diperoleh mencapai sebesar 70,83% sedangkan pada siklus 2
presentase yang diperoleh mencapai 83,33%, dari hasil tersebut tersebut
menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 12,5%.
Sedangkan presentase hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 66,67% dari 24 siswa,
16 siswa telah tuntas dan 8 siswa belum tuntas. Sedangkan presentase hasil belajar
siswa pada siklus 2 mencapai 79,17% dari 24 siswa, 19 siswa telah tuntas dan 5
siswa belum tuntas. Dari hasil tersebut menunjukkan presentase hasil belajar siswa
dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 12,5%.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan metode Buzz Group
dan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III
pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan di SDN Glundengan
04 Kecamatan wuluhan kabupaten Jember. | en_US |