PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUZZ GROUP DAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JENIS-JENIS PEKERJAAN DI SDN GLUNDENGAN 04 JEMBER
Abstract
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Hasil
observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, diketahui pada siklus 1
presentase yang diperoleh mencapai sebesar 70,83% sedangkan pada siklus 2
presentase yang diperoleh mencapai 83,33%, dari hasil tersebut tersebut
menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 12,5%.
Sedangkan presentase hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 66,67% dari 24 siswa,
16 siswa telah tuntas dan 8 siswa belum tuntas. Sedangkan presentase hasil belajar
siswa pada siklus 2 mencapai 79,17% dari 24 siswa, 19 siswa telah tuntas dan 5
siswa belum tuntas. Dari hasil tersebut menunjukkan presentase hasil belajar siswa
dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 12,5%.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan metode Buzz Group
dan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III
pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan di SDN Glundengan
04 Kecamatan wuluhan kabupaten Jember.