PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TRAVEL CIPAGANTI GROUP DI JEMBER
Abstract
Pada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi kepuasan pelanggan
diantaranya yaitu kualitas pelayanan disediakan oleh suatu badan usaha. Adanya
kualitas pelayanan (terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan
kepedulian) yang baik, lengkap dan bermutu, maka dapat memberikan rasa puas
kepada pelanggan. Seorang pelanggan akan merasa puas mendapatkan sesuatu
pelayanan yang memuaskan, begitu juga pada Travel Cipaganti Group di Jember.
Seorang pelanggan dapat dikatakan puas dengan kualitas pelayanan pada saat
menggunakan jasa Travel Cipaganti Group di Jember, akan merasakan nyaman,
percaya, dan berkeinginan untuk terus menggunakan jasa Travel Cipaganti Group di
Jember tersebut.
Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pelanggan pada Travel Cipaganti Group di Jember. Serta Untuk
menjawab hipotesis dari penelitian ini yaitu diduga ada pengaruh yang signifikan
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Travel Cipaganti Group di
Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area, sedangkan untuk
menentukan responden penelitian menggunakan metode purposive. Untuk
menentukan jumlah responden menggunakan metode Accidental Quota Sampling
yaitu sebanyak 40 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari
metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang akan
digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial (yang terdiri: analisis garis regresi
vii
sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan efektivitas garis regresi/koefisien
determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
terhadap kepuasan pelanggan pada Travel Cipaganti Group di Jember. Hasil
pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F menghasilkan F
(148,777) > F
(2,494) dengan tingkat taraf signifikan α = 0.05 > 0.000 dan
koefisien determinasi (R
tabel
) sebesar 79,7% yang berarti bahwa variabel lain yang
tidak diteliti yang mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 20,3% yaitu harga,
promosi, lokasi, dan sebagainya.
square
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan
(terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan kepedulian)
memberikan kontribusi yang positif terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini
dikarenakan segala bentuk kualitas pelayanan yang disediakan oleh pihak Travel
Cipaganti Group di Jember dapat memberikan rasa nyaman, percaya, dan senang,
sehingga pelanggan akan merasa puas dengan segala kualitas pelayanan yang di
sediakan oleh pihak Travel Cipaganti Group di Jember tersebut. Sehingga pada pihak
Travel Cipaganti Group di Jember terus meningkatkan kualitas pelayanannya untuk
memberikan kepuasan yang maksimal kepada pelanggan.