Show simple item record

dc.contributor.authorIda Ilmiyah
dc.date.accessioned2013-12-05T02:21:37Z
dc.date.available2013-12-05T02:21:37Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM070210301116
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4418
dc.description.abstractKemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X-7 dalam mengikuti pelajaran ekonomi nampak masih rendah dikarenakan pemilihan model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional yaitu dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan sehingga guru dalam menyajikan materi tidak melibatkan siswa secara m aksimal dalam proses pembelajaran jadi siswa belum bisa membentuk konsepnya sendiri. Untuk itu guru perlu mencoba menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Salah satu solusi yang dilakukan adalah strategi pembelajaran inkuiri dengan metode diskusi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari rendah menjadi tinggi dan hasil belajar siswa hingga mencapai KKM pada mata pelajaran ekonomi . Strategi pembelajaran inkuiri dengan metode diskusi adalah strategi pembelajaran yang dapat mengkondisikan siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pem belajaran, siswa secara bersama-sama dengan teman-temannya diajak untuk menemukan permasalahan -permasalahan, konsep atau prinsip dalam ekonomi melalui bimbingan guru agar siswa terbiasa melakukan penyelidikan dan menemukan sesuatu untuk m emecahkan suatu masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis hasil belajar siswa di kelas X-7 SMA Muhammadiyah 3 Jember pada materi pokok konsumsi, tabungan, dan investasi semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing -masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-7 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pene rapan strategi pembelajaran inkuiri dengan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X 7 SMA Muhammadiyah 3 Jember pada materi pokok konsumsi, tabungan, dan investasi semester genap tahun ajaran 2011/2012. Kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I mencapai 2,1 yang tergolong sedang dan ketuntasan klasikal mencapai 77,14% dengan nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 74,00 yang berarti belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Pada siklus II kemampuan berpikir kritis menjadi 2,4 yang tergolong tinggi, peningkatan kemampuan berpikir kritis di ikuti oleh peningkatan nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 81,28 dengan ketuntasan klasikal mencapai 88,57%, yang berarti seluruhnya telah mencapai standar ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan metode diskusi secara keseluruhan sudah berjalan dengan lancar dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari rendah menjadi tinggi dan hasil belajar siswa pada materi pokok konsumsi, tabungan, dan investasi di kelas X-7 SMA Muhammadiyah 3 Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301116;
dc.subjectPEMBELAJARAN INKUIRIen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BER PIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas X-7 SMA Muhammadiyah 3 Jember Standar Kompetensi Konsumsi, Tabungan, dan Investasi Semester Genap Tahun Ajaran 201 1/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record