PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BER PIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas X-7 SMA Muhammadiyah 3 Jember Standar Kompetensi Konsumsi, Tabungan, dan Investasi Semester Genap Tahun Ajaran 201 1/2012)
Abstract
Kemampuan berpikir kritis
dan hasil belajar siswa kelas X-7 dalam mengikuti
pelajaran ekonomi nampak masih rendah dikarenakan pemilihan model pembelajaran
yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional yaitu dengan menggunakan
metode ceramah, tanya jawab dan penugasan sehingga guru dalam menyajikan materi
tidak melibatkan siswa secara m
aksimal dalam proses pembelajaran jadi siswa belum
bisa membentuk konsepnya sendiri.
Untuk itu guru perlu mencoba menerapkan
metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan
hasil belajar siswa. Salah satu solusi yang dilakukan adalah strategi pembelajaran
inkuiri dengan metode diskusi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis
siswa dari rendah menjadi tinggi dan hasil belajar siswa hingga
mencapai KKM pada mata pelajaran ekonomi
.
Strategi pembelajaran inkuiri dengan metode diskusi adalah strategi
pembelajaran
yang dapat mengkondisikan siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan
pem
belajaran, siswa secara bersama-sama dengan teman-temannya diajak untuk
menemukan permasalahan
-permasalahan, konsep atau prinsip dalam ekonomi melalui
bimbingan guru agar siswa terbiasa melakukan penyelidikan dan menemukan sesuatu
untuk m
emecahkan suatu masalah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK) yang bertujuan
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
hasil belajar siswa di kelas X-7 SMA
Muhammadiyah 3 Jember pada materi pokok konsumsi, tabungan, dan investasi
semester genap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus
yang masing
-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi
dan refleksi.
Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-7 SMA Muhammadiyah 3 Jember.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode
wawancara,
metode tes dan metode dokumen. Analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pene
rapan strategi pembelajaran inkuiri
dengan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X
7
SMA Muhammadiyah 3 Jember pada
materi pokok konsumsi, tabungan, dan
investasi semester genap tahun ajaran 2011/2012. Kemampuan berpikir kritis siswa
pada siklus I mencapai 2,1
yang tergolong sedang dan ketuntasan klasikal mencapai
77,14% dengan nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 74,00 yang berarti belum
memenuhi
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Pada siklus II kemampuan berpikir
kritis
menjadi 2,4 yang tergolong tinggi, peningkatan kemampuan berpikir kritis di
ikuti oleh peningkatan nilai rata-rata ulangan harian siswa sebesar 81,28 dengan
ketuntasan klasikal mencapai 88,57%, yang berarti seluruhnya telah mencapai standar
ketuntasan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
proses pembelajaran
menggunakan strategi pembelajaran inkuiri
dengan metode diskusi secara
keseluruhan sudah berjalan dengan lancar dan efektif untuk meningkatkan
kemampuan
berpikir kritis siswa dari rendah menjadi tinggi dan hasil belajar siswa
pada
materi pokok konsumsi, tabungan, dan investasi di kelas X-7 SMA
Muhammadiyah 3 Jember
semester genap tahun ajaran 2011/2012.