Pengaruh Keandalan Jasa Pendidikan Menurut Persepsi Mahasiswa Terhadap Kepuasan Mahasiswa Memilih Program Konsentrasi Akuntansi
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehandalan jasa pendidikan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan mahasiswa memilih program konsentrasi akuntansi.
Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F yang menghasilkan
Fhitung = 392.213> Ftabel = 3,087 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < a = 0,05. Hal
ini menunjukkan bahwa secara simultan kehandalan jasa pendidikan menurut persepsi
mahasiswa mempunyai pengaruh yang besar terhadap kepuasan mahasiswa memilih
program konsentrasi akuntansi. Hasil perhitungan analisis regresi linier dengan
program SPSS yang telah diuraikan diatas, menunjukkan bahwa besarnya persentase
pengaruh kehandalan jasa pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa memilih
program konsentrasi akuntansi di Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember sebesar 79,5%, sedangkan sisanya
yaitu 20,5% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti, antara lain daya
tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik.