• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL, MATEMATIS, GAMBAR, GRAFIK DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Prasti Wirapakerti - 080210192053_1.pdf (211.3Kb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Prasti Wirapakerti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran fisika di SMP secara umum adalah memberikan pengetahuan tentang fisika, kemampuan dalam keterampilan proses serta meningkatkan kreatifitas siswa. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa IPA (fisika) sampai saat ini masih diajarkan melalui pembelajaran yang bersumber dari satu buku atau hanya secara teoritik, sehingga pembelajaran IPA (fisika) terkesan hanya sebagai proses transfer pengetahuan dari pikiran guru ke dalam pikiran siswa (Bektiarso, 2000). Proses pembelajaran seperti ini cenderung berpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif. Kenyataan tersebut dapat terjadi karena proses pembelajaran di sekolah tidak optimal. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang membuat siswa kurang aktif. Model pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan penguasaan konsep dan sekaligus dapat melibatkan siswa secara aktif salah satunya adalah model pembelajaran learning cycle berbasis multirepresentasi. Model Learning Cycle berbasis multirepresentasi mengharuskan siswa ikut terlibat dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran ini akan menumbuhkan keterampilan siswa terhadap apa yang dipelajari sehingga apa yang diperoleh siswa tidak mudah terlupakan. Siswa tidak hanya akan mendapatkan penjelasan secara verbal melalui teks tetapi juga dapat menggambarkan dan menggrafikkan informasi yang disajikan melalui bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi verbal, matematik, gambar, dan grafik siswa setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle berbasis Multirepresentasi dan mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle berbasis Multirepresentasi dengan model pembelajaran direct instruction. vii Daerah penelitian ini adalah SMPN 1 Ambulu yang ditentukan dengan metode purposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji one way-ANOVA menggunakan SPSS 16. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII B yang ditentukan dengan metode cluster random sampling dengan teknik undian. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data peningkatan kemampuan multirepresentasi dianalisis menggunakan rumus Ngain dan hasil belajar kognitif produk siswa dianalisis dengan Independent Samples T-Test pada SPSS 16. Berdasarkan analisis data peningkatan kemampuan representasi verbal siswa berada pada kriteria tinggi dengan nilai N-gain 0,75. Peningkatan kemampuan representasi matematik siswa berada pada kriteria sedang dengan nilai N-gain 0,57. Peningkatan kemampuan representasi gambar siswa berada pada kriteria sedang dengan nilai N-gain 0,53. Peningkatan kemampuan representasi grafik siswa berada pada kriteria sedang dengan nilai N-gain 0,41. Hasil belajar kognitif produk dinyatakan H viii 0 ditolak dan H diterima. Dengan kata lain, Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran learning cycle berbasis multirepresentasi dengan model pembelajaran direct instruction. 1 Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan representasi verbal siswa setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle berbasis multirepresentasi berada pada kriteria tinggi. Peningkatan kemampuan representasi matematik siswa setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle berbasis multirepresentasi berada pada kriteria sedang. Peningkatan kemampuan representasi gambar siswa setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle berbasis multirepresentasi berada pada kriteria sedang. Peningkatan kemampuan representasi grafik siswa setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle berbasis multirepresentasi berada pada kriteria sedang. Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran learning cycle berbasis multirepresentasi dengan model pembelajaran direct instruction pada pembelajaran fisika di SMP.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4376
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15444]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository