Show simple item record

dc.contributor.authorFolina
dc.date.accessioned2013-12-05T01:44:15Z
dc.date.available2013-12-05T01:44:15Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080210192066
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4337
dc.description.abstractBerdasarkan pemasalahan pembelajaran dalam kelas X D disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah: 1) metode yang sering diterapkan selama kegiatan belajar mengajar adalah ceramah dan pemberian tugas, 2) hasil belajar siswa rendah dan siswa yang tuntas sesuai KKM sedikit, dan 3) rendahnya keterampilan proses sains siswa. Data hasil observasi awal didapatkan dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan bahwa rata–rata keterampilan proses sains siswa kelas X D sebesar 37,031. Berdasarkan dokumen yang diperoleh dari guru mata pelajaran fisika menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa kelas X D rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan sedikitnya siswa yang dinyatakan tuntas belajar 27% dari 33 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X D MAN 2 Jember dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis authentic assessment dan (2) meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X D MAN 2 Jember dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis authentic assessment. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas X D MAN 2 Jember tahun ajaran 2012/2013. Pelaksanaan penelitian dimulai tanggal 17 September 2012 sampai dengan 29 Mei 2013. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Sedangkan teknik analisis data untuk vii peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar menggunakan rumus: . Berdasarkan analisis data didapatkan hasil keterampilan proses sains siswa secara berturut–turut dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 yang meliputi komponen mengamati, menafsirkan pengamatan, meramalkan, menggunakan alat dan bahan, menerapkan konsep, merencanakan penelitian, mengkomunikasikan, mengajukan pertanyaan dan menyimpulkan memiliki rata-rata skor sebesar 62,22. Pada siklus 1 skor tiap komponen keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata skor sebesar 90,93. Pada siklus 2 skor tiap komponen keterampilan proses sains siswa juga mengalami peningkatan dengan skor rata-rata sebesar 93,52. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan berturut–turut dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 sebesar 60,60% menjadi 72,7%, 75,8%. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar pada mata pelajaran fisika siswa kelas X D MAN 2 Jember tahun ajaran 2012/2013 dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis authentic assessment. Hal tersebut terlihat dari peningkatan keterampilan proses sains siswa berturut–turut pada kegiatan pra siklus ke siklus 1, pra siklus ke siklus 2, dan dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan dengan hasil perolehan nilai <g> sebesar 0,73 termasuk dalam kategori tinggi, nilai <g> sebesar 0,84 dalam kategori tinggi dan dengan hasil nilai <g> sebesar 0,41 dalam kategori sedang. Peningkatan hasil belajar siswa berturut–turut pada kegiatan pra-siklus ke siklus 1, pra ke siklus 2 siklus 1 ke siklus 2 dan siklus mengalami peningkatan dengan hasil perolehan nilai <g> sebesar 0,35 termasuk kategori sedang, nilai <g> sebesar 0,36 dalam kategori sedang dan degan nilai <g> sebesar 0,04 dalam kategori rendah. Kesimpulan dari hasil di atas menunjukkan model inkuiri terbimbing berbasis authentic assessment dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa yang dapat membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami konsep dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192066;
dc.subjectKETERAMPILAN PROSES SAINSen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT PADA SISWA KELAS X D MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record