• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT PADA SISWA KELAS X D MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Folina - 080210192066_1.pdf (1.044Mb)
    Date
    2013-12-05
    Author
    Folina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan pemasalahan pembelajaran dalam kelas X D disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah: 1) metode yang sering diterapkan selama kegiatan belajar mengajar adalah ceramah dan pemberian tugas, 2) hasil belajar siswa rendah dan siswa yang tuntas sesuai KKM sedikit, dan 3) rendahnya keterampilan proses sains siswa. Data hasil observasi awal didapatkan dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan bahwa rata–rata keterampilan proses sains siswa kelas X D sebesar 37,031. Berdasarkan dokumen yang diperoleh dari guru mata pelajaran fisika menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa kelas X D rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan sedikitnya siswa yang dinyatakan tuntas belajar 27% dari 33 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X D MAN 2 Jember dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis authentic assessment dan (2) meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X D MAN 2 Jember dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis authentic assessment. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian adalah siswa kelas X D MAN 2 Jember tahun ajaran 2012/2013. Pelaksanaan penelitian dimulai tanggal 17 September 2012 sampai dengan 29 Mei 2013. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Sedangkan teknik analisis data untuk vii peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar menggunakan rumus: . Berdasarkan analisis data didapatkan hasil keterampilan proses sains siswa secara berturut–turut dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 yang meliputi komponen mengamati, menafsirkan pengamatan, meramalkan, menggunakan alat dan bahan, menerapkan konsep, merencanakan penelitian, mengkomunikasikan, mengajukan pertanyaan dan menyimpulkan memiliki rata-rata skor sebesar 62,22. Pada siklus 1 skor tiap komponen keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata skor sebesar 90,93. Pada siklus 2 skor tiap komponen keterampilan proses sains siswa juga mengalami peningkatan dengan skor rata-rata sebesar 93,52. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan berturut–turut dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 sebesar 60,60% menjadi 72,7%, 75,8%. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar pada mata pelajaran fisika siswa kelas X D MAN 2 Jember tahun ajaran 2012/2013 dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis authentic assessment. Hal tersebut terlihat dari peningkatan keterampilan proses sains siswa berturut–turut pada kegiatan pra siklus ke siklus 1, pra siklus ke siklus 2, dan dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan dengan hasil perolehan nilai <g> sebesar 0,73 termasuk dalam kategori tinggi, nilai <g> sebesar 0,84 dalam kategori tinggi dan dengan hasil nilai <g> sebesar 0,41 dalam kategori sedang. Peningkatan hasil belajar siswa berturut–turut pada kegiatan pra-siklus ke siklus 1, pra ke siklus 2 siklus 1 ke siklus 2 dan siklus mengalami peningkatan dengan hasil perolehan nilai <g> sebesar 0,35 termasuk kategori sedang, nilai <g> sebesar 0,36 dalam kategori sedang dan degan nilai <g> sebesar 0,04 dalam kategori rendah. Kesimpulan dari hasil di atas menunjukkan model inkuiri terbimbing berbasis authentic assessment dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa yang dapat membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami konsep dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4337
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository