ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK BRAND IMAGE AIR MINUM AQUA (Studi di Tiga Kecamatan Kota Jember)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-Faktor yang Membentuk Brand
Image Air minum Aqua (Studi di Tiga Kecamatan Kota Jember)”. Populasi dalam
penelitian ini adalah konsumen air minum Aqua yang berada di 3 wilayah
Kabupaten Jember, yaitu Kecamatan Kaliwates, Kecamatan Patrang dan
Kecamatan Sumbersari. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengalokasian sampel
dengan menggunakan metode non proporsional sampling. Jumlah sampel yang
diambil adalah 80 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis
faktor dan analisis regresi linier berganda.
Adapun faktor-faktor yang membentuk brand image air minum Aqua di
tiga kecamatan Kota Jember adalah bauran pemasaran dan psikologis.
Berdasarkan analisis data, variabel psikologis memengaruhi brand image sebesar
0,556 dan variabel bauran pemasaran sebesar 0,305. Secara simultan pengaruh
variabel psikologis dan variabel bauran pemasaran memengaruhi sebesar 67,4%.
Sedangkan sisanya sebesar 32,6% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain
yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini serta variabel yang paling
dominan adalah psikologis. Berdasarkan analisis di atas maka perusahaan dapat
meningkatkan bauran pemasaran agar membentuk brand image air minum Aqua
(Studi di Tiga Kecamatan Kota Jember).