Show simple item record

dc.contributor.authorCHRISTIAN MARIA GORETI
dc.date.accessioned2013-12-05T01:33:09Z
dc.date.available2013-12-05T01:33:09Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM080110301019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4312
dc.description.abstractSkripsi ini berisi uraian mengenai keberadaan sekolah berbasis etnis Tionghoa di Jember yang disebut Chung Hua School. Pendiriannya atas prakarsa Tiong Hoa Hwee Koan yaitu sebuah organisasi Tionghoa peranakan terbesar pada masa itu. Melalui pendekatan sosiologi pendidikan dan identitas ke-Tionghoaan, dalam skripsi ini dipaparkan mengenai faktor-faktor yang melatarbelakangi pendirian sekolah tersebut, kelompok pencetus, tujuan didirikan, efek keberadaannya terhadap kelompok masyarakat tertentu, relevansi kondisi politik Indonesia dengan keberlangsungan sekolah tersebut, hingga faktor-faktor penyebab penutupannya. Bagi etnis Tionghoa pendidikan ideal ialah pendidikan yang sarat dengan identitas ke-Tionghoaan yang terwujud dalam ilmu pengetahuan mengenai budaya serta adat istiadat Tionghoa. Melaluinya usaha resinifikasi/transformasi budaya terhadap etnis Tionghoa (khususnya Tionghoa peranakan) di Hindia Belanda perlahan-lahan berusaha diwujudkan yang baru terealisasi pada awal abad ke-20 dengan berdirinya sekolah berbahasa pengantar bahasa Tionghoa yang modern dan terstruktur. Dinamika pendidikan berbasis etnis ini ternyata mengalami pasang surut seturut dengan kebijakan pemerintah yang berkuasa di Hindia Belanda hingga Indonesia merdeka. Bahkan keberlangsungannya harus terhenti pasca Gestapu tahun 1965 seiring meningkatnya sentimen negatif terhadap etnis Tionghoa di Indonesia.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080110301019;
dc.subjectpendidikan, transformasi budaya, Tionghoa, Jemberen_US
dc.titleCHUNG HUA SCHOOL WAJAH PENDIDIKAN ETNIS TIONGHOA DI JEMBER TAHUN 1911-1966en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record