CHUNG HUA SCHOOL WAJAH PENDIDIKAN ETNIS TIONGHOA DI JEMBER TAHUN 1911-1966
Abstract
Skripsi ini berisi uraian mengenai keberadaan sekolah berbasis etnis Tionghoa di
Jember yang disebut Chung Hua School. Pendiriannya atas prakarsa Tiong Hoa
Hwee Koan yaitu sebuah organisasi Tionghoa peranakan terbesar pada masa itu.
Melalui pendekatan sosiologi pendidikan dan identitas ke-Tionghoaan, dalam
skripsi ini dipaparkan mengenai faktor-faktor yang melatarbelakangi pendirian
sekolah tersebut, kelompok pencetus, tujuan didirikan, efek keberadaannya
terhadap kelompok masyarakat tertentu, relevansi kondisi politik Indonesia
dengan keberlangsungan sekolah tersebut, hingga faktor-faktor penyebab
penutupannya. Bagi etnis Tionghoa pendidikan ideal ialah pendidikan yang sarat
dengan identitas ke-Tionghoaan yang terwujud dalam ilmu pengetahuan mengenai
budaya serta adat istiadat Tionghoa. Melaluinya usaha resinifikasi/transformasi
budaya terhadap etnis Tionghoa (khususnya Tionghoa peranakan) di Hindia
Belanda perlahan-lahan berusaha diwujudkan yang baru terealisasi pada awal
abad ke-20 dengan berdirinya sekolah berbahasa pengantar bahasa Tionghoa yang
modern dan terstruktur. Dinamika pendidikan berbasis etnis ini ternyata
mengalami pasang surut seturut dengan kebijakan pemerintah yang berkuasa di
Hindia Belanda hingga Indonesia merdeka. Bahkan keberlangsungannya harus
terhenti pasca Gestapu tahun 1965 seiring meningkatnya sentimen negatif
terhadap etnis Tionghoa di Indonesia.