Show simple item record

dc.contributor.authorAhmad Fauzi Hendratmoko
dc.date.accessioned2013-12-05T01:24:30Z
dc.date.available2013-12-05T01:24:30Z
dc.date.issued2013-12-05
dc.identifier.nimNIM090210102018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4297
dc.description.abstractPembelajaran fisika dapat diartikan sebagai proses belajar mengajar yang didalamnya mempelajari alam dan kejadian-kejadiannya. Salah satu permasalahan yang terdapat dalam pembelajaran fisika saat ini adalah lemahnya proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas XI-IPA SMA Negeri 1 Kencong, diperoleh informasi bahwa guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik namun persiapan bahan ajar pembelajaran fisika yang akan digunakan saat proses pembelajaran masih kurang. Informasi lain yang diperoleh, kurang lebih 85% siswa lebih senang bermain game di komputer daripada membaca buku fisika. Hal ini menyebabkan guru harus bekerja ekstra keras dalam menyampaikan materi pembelajaran fisika kepada siswa. Strategi yang dapat dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan di atas dengan melakukan penelitian pengembangan suatu bahan ajar berbasi s instructional game pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kencong yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Instructional game merupakan sebuah program permainan yang dibuat semenarik mungkin dengan tujuan untuk menarik minat siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif. Dalam penggunaan instructional game ini terdapat peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh siswa sebagai pengguna instructional game. Bahan ajar berbasis instructional game pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kencong yang dihasilkan terdiri atas: ( vii mengetahui validitas bahan ajar berbasis instructional game pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kencong, mengetahui respon siswa, dan efektivitas pembelajaran terhadap penggunaan bahan ajar berbasis instructional game pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kencong yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis instructional game pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kencong. Pengembangan bahan ajar berbasis instructional game pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kencong menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Keterbatasan waktu dan biaya menyebabkan penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon, serta lembar pre-test dan post-test. Metode perolehan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, validasi logic, angket, dan tes. Data yang didapatkan adalah validasi logic bahan ajar berbasis instructional game pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kencong, respon siswa, dan efektivitas pembelajaran. Hasil validasi logic mendapatkan kesimpulan bahwa bahan ajar berbasis instructional game pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kencong berkategori valid dengan nilai 4,15. Uji pengembangan dilaksanakan di kelas XIIPA 4 SMA Negeri 1 Kencong. Siswa kelas XI-IPA 4 SMA Negeri 1 Kencong memberikan respon 81,19% positif dan 18,81% negatif terhadap penggunaan bahan ajar berbasis instructional game pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kencong. Bahan ajar berbasis instructional game pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Kencong memiliki kriteria efektif untuk digunakan dalam pembelajaran karena taraf efektivitasen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102018;
dc.subjectInstructional Gameen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INSTRUCTIONAL GAME PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 1 KENCONGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record