STRATEGI PENGEMBANGAN INPUT DALAM UPAYA MEMENUHI PERMINTAAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN SUSU SAPI KALIWATES JEMBER
Abstract
Penelitian ini ingin mengetahui tentang strategi pengembangan input yang
digunakan perusahaan dalam upaya memenuhi permintaan konsumen pada
perusahaan susu sapi Kaliwates Jember. Metode Penelitian ini menggunakan
pendekatan Kualitatif. Lokasi penelitian di Perusahaan Susu Sapi Kaliwates Jember,
jalan Tawes No. 304 Kelurahan Kaliwates, Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Data penelitian ini
dianalisis dengan menggunakan analisis domain dan taksonomi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengembangan input
perusahaan yang digunakan yaitu dengan memperbanyak tingkat produksi dan
memberikan inovasi baru terhadap perusahaan. Hal ini menunjukan bahwa pada saat
perusahaan mulai mengembangkan bahan baku maka tingkat permintaan
konsumenpun mulai meningkat dan pada akhirnya perusahaan mulai mendapatkan
laba yang menjajikan, karena dengan tujuan awal dari perusahaan yang ingin
mendapatkan keuntungan yang lebih. Dengan begitu perusahaan Susu Sapi Kaliwates
Jember ini dapat bersaing dengan perusahaan susu sapi lainnya dan perusahaan susu sapi Kaliwates Jember dapat mempertahankan eksistensi didalam persaingan bisnis susu sapi di Kabupaten Jember.