• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN DENGAN PEMBENTUKAN SIKAP POSITIF BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT CAHAYA KURNIA BANGSA DESA BANJARWARU KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    ENY WIDAYATI - 070210201095 (2)_1.pdf (1.509Mb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    ENY WIDAYATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh pengajar dalam menyampaikan pesan pembelajaran kepada peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tidak semua metode pembelajaran sesuai untuk digunakan pada seluruh aktivitas belajar warga belajar. Untuk itu perlu adanya pemilihan metode pembelajaran yang akan digunakan dalam proses belajar-mengajar, agar metode yang digunakan nantinya dapat memberikan kinerja yang optimal. Sedangkan setiap proses pembelajaran tentunya diharapkan dapat memberikan hasil pembelajaran. Mengingat bahwa tujuan dari belajar sesungguhnya tidak hanya berorientasi pada pengendalian dan peningkatan kemampuan akademik warga belajar saja, namun juga bertujuan pada peningkatan mutu dari sikap serta perilaku warga belajar. Ketertarikan warga belajar terhadap materi pelajaran yang disampaikan akan menciptakan suatu bentuk kerjasama yang baik yang nantinya tercermin dalam sikap positif pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Disimpulkan suatu rumusan masalah, yaitu “adakah hubungan antara metode pembelajaran dengan pembentukan sikap positif belajar warga belajar kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cahaya Kurnia Bangsa desa Banjarwaru kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012?”.. Adapun tujuan penelitian yang ingin diperoleh adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara metode pembelajaran dengan pembentukan sikap positif belajar warga belajar kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cahaya Kurnia Bangsa desa Banjarwaru kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012. Manfaat penelitian ini ix diharapkan dapat memberikan pemaparan mengenai pentingnya metode pembelajaran bagi pembentukan sikap positif belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menekankan pada analisis dan pengolahan data-data angka dengan metode statistika. Penentuan tempat penelitian dengan menggunakan metode purposive, yaitu bertempat di PKBM Cahaya Kurnia Bangsa desa Banjarwaru kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan. Penentuan responden yang berjumlah 15 orang warga belajar dari paket C dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data pada penelitian ini menggunakan 2 jenis data, data primer yang diperoleh dari angket dan observasi, serta data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi. Data penelitian diolah menggunakan analisis statistik korelasi tata jenjang. Rho xy = 1 6 𝐷 𝑁 2 2 − 𝑁 Hasil analisis data menunjukkan, bahwa r kerja lebih besar dari pada r tabel, untuk N=15 dan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,544. Nilai r kerja yang dihasilkan sebesar 0,6973, pada tabel korelasi terletak antara 0,600 sampai dengan 0,800 dengan tingkat hubungan cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, Ada hubungan antara metode pembelajaran dengan pembentukan sikap positif belajar warga belajar kejar paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Cahaya Kurnia Bangsa desa Banjarwaru Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012, dengan tingkat hubungan cukup. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, dipandang perlu disampaikan beberapa saran yaitu; bagi tutor PKBM Cahaya Kurnia Bangsa adalah hendaknya tutor dapat menyesuaikan penggunaan metode pembelajaran untuk mewujudkan pembentukan sikap positif belajar; bagi kepala PKBM, seharusnya kepala PKBM dapat membantu pemenuhan kebutuhan akan sarana dan prasarana yang menunjang penggunaan metode pembelajaran; bagi peneliti selanjutnya adalah hendaknya lebih meningkatkan penelitian mengenai metode pembelajaran dan pembentukan sikap positif belajar untuk mengembangkan dan memperkaya pengetahuan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4224
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR ( AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMPN 11 JEMBER KELAS VIIB TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 TAHUN AJARAN 2011/2012 

      Mas’udatur Rohmawati (2014-01-24)
      Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMPN 11 Jember, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU HADRIANTI BADU (2014-01-30)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...
    • PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 SISWA KELAS III SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011 

      HADRIANTI BADU (2014-01-29)
      Penerapan teori belajar Bruner pada pembelajaran kooperatif dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi objek yang dekat dengan keseharian mereka sehingga penemuan konsep ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository