• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT DI SDN BINAKAL BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Andika - 090210204109_1.pdf (871.3Kb)
    Date
    2013-12-04
    Author
    Andika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Binakal Bondowoso pada mata pelajaran IPS disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih monoton, guru selalu menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas dalam mengajarkan materi pelajaran. Hasil ulangan harian yang didapatkan siswa kelas IV SDN Binakal Bondowoso dalam pelajaran IPS Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1 vii meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV melalui metode problem solving dalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat di SDN Binakal Bondowoso; dan 2) Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Binakal Bondowso, dimulai pada tanggal 21 Januari 2013 sampai tanggal 4 Mei 2013. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 23 anak, terdiri dari 11 lakilaki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pertemuan pertama merupakan tindakan pembelajaran menggunakan metode problem solving, dan pertemuan kedua merupakan pemberian postest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Siklus kedua merupakan perbaikan dari siklus pertama. Analisis data pada akhir siklus diketahui aktivitas belajar mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 42,17% menjadi 74,34% pada siklus I. peningkatan dari pra silus ke siklus I sebesar 32,17%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 11,52% dari siklus I sebesar 74,34% menjadi siklus II sebesar 85,86%. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 60,8% menjadi 73,91% pada siklus II. Hasil belajar siswa meningkat sebesar 13,11% dari pra siklus ke siklus I. sedangkan Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12,94% dari siklus I sebesar 73,91% menjadi siklus II sebesar 86,85%. Guru disarankan menggunakan metode problem solving untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVdalam pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di lingkungan setempat di SDN Binakal Bondowoso pada siklus I dan siklus II.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/4176
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository